Monday, September 24, 2007

Two Things Those Really Change My Life (Chapter 2)


Having a Son

Jyesthaka Nabeel Anindya Virendra (Andra) lahir tanggal 2 September 2006, sehat dengan berat 3 Kilo, finally I become a daddy. Keinginan keras istri saya untuk menyusui dan melakukan ASI eksklusif minimal 6 bulan mengakibatkan Andra pada satu minggu pertamanya di dunia yang gegap gempita ini kurus sekali, bahkan kalo bisa di bilang seperti anak di Ethiopia diakibatkan oleh air susu yang belum keluar. Orang-orang disekitar (kecuali orang tua dan mertua) sempat bertanya-tanya, kenapa tidak dikasih susu formula saja, kasihan bayinya haus dan tidak dapat makanan sedikitpun. Karena istri saya sudah dibekali ilmu yang lumayan cukup mengenai kualitas ASI yang sedemikian hebatnya dan kebetulan sekali dr. Oetami Rusli (maaf kalau salah mengejanya) yang notabene adalah salah satu ahli ASI yang diakui di dunia, pernah memberikan kami Private Lessons mengenai hal tersebut maka segala komentar itu dapat kami mentahkan karena bayi yang baru lahir ternyata mampu bertahan hidup tanpa makan dan minum sampai satu minggu lamanya.

Kelahiran Andra tentunya membuat kehidupan kami berdua, saya dan istri, berubah total, dari yang hanya memikirkan "kita" berdua sekarang memiliki fokus yang lain yaitu anak. segala macam apapun itu akan dilakukan demi anak. Saya bekerja dan kuliah lagi untuk anak, demikian pula istri yang juga bekerja hanya untuk anak, pokoknya semua untuk Andra. Setiap ada suatu masalah pasti akan lebih diselesaikan dengan memandang keuntungan dari sisi si anak. Tidak ada yang boleh terlewat dari setiap perkembangannya termasuk istri yang selalu aktif menghubungi dokter demi menjaga kesehatan Andra.

Hari ini Andra sudah berumur 1 tahun, sehat, dan tidak bisa diam. Anak itu aktif sekali, dan lucunya bukan main. Tempo hari tanggal 2 September 2007 ia merayakan ulang tahunnya yang pertama, dan semakin hari peranannya sebagai perekat keluarga semakin nyata.

No comments: