Wednesday, October 3, 2007

Portas

Di suatu sore...
"No, lagi ngapain loe..?"
"Nggak lagi ngapa-ngapain, emangnya kenapa...?"
"Mortas yuk..."
"Mortas..?? Apaan tuh..?? Lagian gue udah males main sama loe lagi, gara-gara loe gue didamprat orang kampung yang punya tambak..." (kalau mau tahu cerita tentang hal ini silahkan baca postingan saya yang berjudul "mancing")
"Laguan loooooo..... Kalo mortas nih nggak pake ketahuan deh, Dijamin..!"
"Emangnya mortas ngapain sih...??"
"Mortas itu asal katanya portas, nah, portas itu racun ikan, kalo kita sebarin portas di kali, ikan-ikan pasti pada klepek-klepek, trus kita tinggal ngambil doank..."
"Wah yang bener tuh, gue ikutan deh..."

Akhirnya kita beli portas di pasar Ciputat, setelah itu langsung kita sebar di kali dekat rumah saya, dan hasilnya benar saja, ikan-ikan di sana langsung pada mabok, kita tinggal ngambil tanpa bersusah payah. Senang bukan kepalang, ikan-ikan tersebut langsung kita bakar, tentunya tidak lupa memanggil teman-teman yang lain.

"Wah hebat loe No..."
"Bukan gue, tapi si Narto tuh yang punya ide..."
"Yang punya ide sih gue, tapi kan yang punya duit si Rino tuh ha..ha..ha.."

Setelah kenyang kita pulang ke rumah masing-masing
Malam hari sekitar pukul 20.00 pintu rumah diketuk orang.
"Assalamualaikum..."
"Wa alaikum salam..." Bapakku menjawab

Begitu pintu dibuka ternyata yang datang adalah orang yang punya tambak yang ikannya pernah aku pancing (sekali lagi saya ingatkan untuk membaca postingan saya dengan judul "mancing").

"Ada apa Pak...?"
"Begini Pak, sepertinya anak bapak nggak ada kapoknya..."
"Lho ada apa ini..? Anak saya nyuri ikan lagi...?"
"Bukan, tapi anak bapak meracuni ikan di kali, dan air kali itu merupakan sumber air dari tambak saya, akibatnya ikan saya pada mati semua...!"

Berakibat benar-benar tidak boleh bergaul dengan Narto lagi...

No comments: