Friday, March 28, 2008

Pengalaman SD lagi....

Dulu aku punya guru SD bernama Pak Sodikin. Orangnya berbadan besar, berambut keriting, berewokan, pokoknya serem deh, sesuai banget sama apa yang diajarkannya yaitu IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang terkenal ilmu susah. Orangnya galak, ampun banget deh, semua anak2 nggak ada yang berani melihat wajahnya kalau dia sedang mengajar, sangar banget.

Tapi, pada suatu hari, dia mengatakan sesuatu yang membuat saya tersenyum2 ketika saya dewasa kelak. Pada hari itu dia memulai untuk membicarakan Pak Dadang (kepala sekolah SD1) yang ditudingnya telah berselingkuh, dan cerita itu selalu diulang2 di setiap waktu jam pelajaran, bahkan kalau ada perkembangan baru dia selalu berceloteh di depan kelas tentang perkembangan gossip tersebut.

Yang membuat saya sekarang tersenyum2 adalah :

1. Apakah dia tidak sadar bahwa dia berbicara di depan kelas yang isinya hanyalah anak2 berumur antara11-12 tahun
2. Apakah dia tidak sadar bahwa di balik "kesangarannya" tersimpan jiwa gossip yang terpendam yang hanya bisa disalurkan di depan anak2 yang tidak bisa merespon pembicaraannya.


Tapi, dibalik itu semua, dia adalah seorang guru dan wali kelas yang TOP banget, selalu memperhatikan kemajuan anak2 didiknya meskipun pada saat itu sebenarnya dia mengidap penyakit yang tidak bisa disembuhkan dengan mudah. Pak Sodikin adalah guru yang berada di peringkat pertama dalam rating guru yang pernah mengajar saya hingga saat ini.

I miss you Mr. Sodikin

No comments: